Kamis, 09 Januari 2014

Tugas 2



1.  Apa yang dimaksud dengan bisnis?
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.


2.  Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklan bisnis di Indonesia ?

·        Faktor kondisi Negara

Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.

·        Faktor alam

Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Misalnya adanya bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.

·        Faktor jenis bisnis

Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani.

·        Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)

Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.

·        Faktor modal

Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.

·        Faktor persaingan pasar

Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.

·        Faktor lingkungan masyarakat

Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan lingkungan masyarakat.

3.  Seberapa besar bisnis tersebut berpengaruh dalam kehidupanmu sehari –hari ?
Bagi saya bisnis sangatlah bemanfaat, setiap orang rata-rata selalu melakukan kegiatan bisnis di kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu peran bisnis amatlah sangat penting.Karena dengan bisnis kita bisa menaikkan taraf hidup/ekonomi kita.Sebagai contoh saya membantu usaha keluarga saya yaitu usaha Isi ulang air galon AQUA.Selain saya membantu mengusahakan taraf hidup/ekonomi keluarga saya,tanpa saya sadari saya telah belajar untuk berbisnis,memasarkan produk yang saya tawarkan,mendistribusikan barang dan bertransaksi.Lalu kita jangan lupa akan beretika dalam bisnis.Etika dalam berbisnis itu sangatlah penting!!!
Mengapa??
Etika berbisnis berperan penting dalam memberikan kepercayaan terhadap kelompok atau individu yang berkepentingan dengan jalannya perusahaan yg kita kelola.Selain itu jika kita ingin sukses dalam berbisnis,kita harus berpegang teguh kepada prinsip-prinsip dalam berbisnis.Hal yg harus kita perhatikan adalah:
1. Prinsip otonomi
2. Prinsip kejujuran
3. Prinsip keadilan
4. Prinsip saling menguntungkan (Mutual Benefit Principle)
5. Integritas Moral
6. Tanggung jawab
dengan prinsip-prinsip diatas kita harus berpegang teguh terhadap prinsip tersebut agar bisnis kita berjalan dengan lancar.Tidak ada bisnis,perekonomiaan kita tidak akan berkembang pesat.Karena bisnis sangat berpengaruh di beberapa aspek.Jika semakin berkembangan usaha seorang individu bisa berkembang menjadi usaha kelompok atau organisasi dan mulai mengalami bisnis yang makin berkembang.seoranng individu pasti selalu ingin berkembang lagi dan lagi.Dengan teknologi yang sekarang semakin berkembang,bisnis bisa berjalan menjadi instant yaitu bisa bertransaksi secara online atau melalui situs internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar